Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat

Assalamu'alaikum Sahabat, Karena saya sangat mencintai tulisan Prof. Sumanto Al Qurtuby, (Beliau kakak kelas saya di Kursusan BEC Pare, Kediri. Mom Atun Told me) maka saya posting ulang tulisan-tulisan beliau di sini.

Gambar-gambar yang ada merupakan pemanis yang saya ambil di Google, kecuali gambar yang memang asli dari artikelnya.

Semua yang ada di blog ini adalah murni tulisan beliau, dan kali ini berjudul Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat

Selamat membaca...

Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat






Salah satu trend masyarakat Arab modern di kawasan Teluk sejak 2-3 dekade terakhir ini adalah berlomba-lomba menyekolahkan kader-kader mudanya yang bagus ke lembaga-lembaga pendidikan bergengsi di Barat, khususnya Amerika.

Aramco, misalnya, sebagai perusahaan minyak terbesar di dunia yang lokasinya di samping kampusku, setiap tahun setidaknya menawarkan beasiswa penuh kepada ribuan anak-anak muda Saudi potensial, baik Sunni maupun Shiah, untuk menimba ilmu di Negeri Paman Sam ini. Mereka yang lolos seleksi ditraining bahasa dan budaya Amerika di komplek Aramco yang luasnya seperti kota tersendiri oleh para "bule asli".  

Perusahaan-perusahaan besar lain di Saudi juga berlomba-lomba menawarkan beasiswa untuk belajar di Amerika dan negara-negara Barat lain khususnya di bidang studi-studi non-Islam (sciences, engineering, kedokteran, perbankan, keuangan, teknologi, dlsb). Hal yang sama juga dilakukan oleh pemerintah Saudi yang gencar menyekolahkan kader-kader mudanya ke Amerika, Kanada, atau Eropa Barat. Dari King Abdullah Scholarship Program saja, Arab Saudi sudah memberangkatkan lebih dari 150,000 mahasiswa di negara-negara Barat. Catat baik-baik ya: negara-negara Barat. Tidak ada satupun yang dikirim ke kampus-kampus Indonesia. 

Menariknya, Saudi menawarkan sejumlah beasiswa ke Indonesia dan negara-negara Muslim berkembang lain untuk belajar ke Arab Saudi (khususnya untuk belajar Islamic studies maupun disiplin lain), sementara mereka sendiri mengirim anak-anak didiknya ke negara-negara Barat. Antik kan? Anda tahu apa arti semua ini? 

Terimakasih telah membaca Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat . Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat untuk teman, sahabat atau keluarga melalui tombol social media di bawah ini.

Wassalamu'alaikum warahmatullah Wabarakatuh

>

Tulis Email Anda untuk selalu mendapat info Update terbaru Blog ini

0 Response to "Arab Berlomba-Lomba Sekolah di Amerika dan Barat "

Post a Comment